Selasa, 08 Juli 2014

Activity Based Management

Activity Based Management

Activity Based Management
Activity Based Management (ABM) adalah pengelolan aktivitas untuk meningkatkan nilai (value) yang diterima oleh pelanggan dan untuk meningkatkan laba melalui peningkatan nilai (value) tersebut. Dengan Activity Based Management(ABM), suatu perusahaan dapat melakukan evaluasi biaya dan nilai (value) darn suatu aktivitas proses sehingga akan terjadi perbaikan posisi kompetitif dan meningkatnya efisiensi proses.

Activity Based Management (ABM) ini merupakan pendekatan manajemen yang berfokus untuk dapat :
  • Meningkatkan nilai yang diterima oleh pelanggan dari setiap aktivitas yang dilakukan.
  • Menentukan aktivitas perusahaan yang merupakan aktivitas value added dan aktivitas non-value added.
  • Meningkatkan value added activity dan mengurangi bahkan menghilangkan non-value added activity.
  • Memperbaiki laba dengan memberikan nilai pelanggan.
  • Keunggulan Activity Based Management ABM )

Keunggulan utama pendekatan Activity Based Management (ABM) yaitu:
  • ABM mengukur efektivitas proses dan aktivitas bisnis kunci dan mengindentifikasi bagaimana proses dan aktivitas tersebut dapat diperbaiki untuk menurunkan biaya dan meningkatkan nilai (value) bagi pelanggan.
  • ABM memperbaiki fokus manajemen dengan cara mengalokasikan sumber daya untuk menambah nilai aktivitas kunci, pelanggan kunci, produk kunci, dan metode untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan.


  • Mengurangi harga produk dan mengoptimalkan desain produk.
  • Mengurangi biaya-biaya perusahaan.
  • Membantu perusahaan dalam mempertimbangkan peluang bisnis baru.
  • Activity Based Management(ABM ) Model Components

0 komentar:

Posting Komentar