Earning Management
Earning Management |
Scott (2003:369) mendefinisikan Earning Management sebagai ”the choice by a manager of accounting policies so
as to achieve some specific objective” yang kurang lebih meiliki arti : pilihan
yang dilakukan oleh manajer dalam menentukan kebijakan akuntansi untuk mencapai
beberapa tujuan tertentu.
Menurut Sugiri (1998) yang dikutip
oleh Widyaningdyah (2001), definisi earning management dibagi dalam dua
definisi, yaitu:
- Definisi sempit
Earning management dalam hal ini hanya berkaitan dengan
pemilihan metode akuntansi. Earning management dalam arti sempit ini
didefinisikan sebagai perilaku manajer untuk “bermain” dengan komponen
discretionary accruals dalam menentukan besarnya earnings.
- Definisi luas
Earning management merupakan tindakan manajer untuk
meningkatkan (mengurangi) laba yang dilaporkan saat ini atas suatu unit dimana
manajer bertanggung jawab, tanpa mengakibatkan peningkatan (penurunan)
profitabilitas ekonomis jangka panjang unit tersebut.
Jika Sugiri (1998) memberikan definisi
Earning Management secara teknis, maka Surifah (1999) memberikan pendapatnya
mengenai dampak earning management terhadap kredibilitas laporan keuangan.
Menurut Surifah (1999) earning management dapat mengurangi kredibilitas laporan
keuangan apabila digunakan untuk pengambilan keputusan, karena earning
management merupakan suatu bentuk manipulasi atas laporan keuangan yang menjadi
sasaran komunikasi antara manajer dan pihak eksternal perusahaan.
Konsep Earning Management menurut
Salno dan Baridwan (2000:19): menggunakan pendekatan teori keagenan (agency
theory) yang menyatakan bahwa ”praktek earning management dipengaruhi oleh
konflik antara kepentingan manajemen (agent) dan pemilik (principal) yang
timbul karena setiap pihak berusaha untuk mencapai atau mempertimbangkan
tingkat kemakmuran yang dikehendakinya”. Agency theory memiliki asumsi bahwa
masing-masing individu semata-mata termotivasi oleh kepentingan dirinya sendiri
sehingga menimbulkan konflik kepentingan antara principal dan agent. Pihak
principal termotivasi mengadakan kontrak untuk menyejahterakan dirinya dengan
profitabilitas yang selalu meningkat. Agent termotivasi untuk memaksimalkan
pemenuhan kebutuhan ekonomi dan psikologisnya, antara lain dalam hal memperoleh
investasi, pinjaman, maupun kontrak kompensasi. Konflik kepentingan semakin
meningkat terutama karena principal tidak dapat memonitor aktivitas manajemen
sehari-hari untuk memastikan bahwa manajemen bekerja sesuai dengan keinginan
pemegang saham (pemilik).
Menurut Healy dan Wahlen yang dikutip
oleh Riduwan (2001)menyatakan bahwa earning management terjadi ketika para
manajer menggunakan keputusannya dalam pelaporan keuangan dan dalam melakukan
penyusunan transaksi untuk mengubah laporan keuangan baik untuk menimbulkan
gambaran yang salah bagi stakeholder tentang kinerja ekonomis perusahaan,
ataupun untuk mempengaruhi hasil kontraktual yang bergantung pada angka-angka
akuntansi yang dilaporkan.
Berdasarkan pertimbangan biaya dan
manfaat, manajemen diperbolehkan memilih dan menerapkan metode-metode
akuntansi. Hal ini menjadi penyebab utama manajer melakukan earning management.
Menurut Scott (2003:377) beberapa motivasi yang mendorong manajemen melakukan Earning
Management, antara lain sebagai berikut:
- Motivasi bonus, yaitu manajer akan berusaha mengatur laba bersih agar dapat memaksimalkan bonusnya.
- Motivasi kontrak, berkaitan dengan utang jangka panjang, yaitu manajer menaikkan laba bersih untuk mengurangi kemungkinan perusahaan mengalami technical default.
- Motivasi politik, aspek politis ini tidak dapat dilepaskan dari perusahaan, khususnya perusahaan besar dan industri strategis karena aktivitasnya melibatkan hajat hidup orang banyak.
- Motivasi pajak, pajak merupakan salah satu alasan utama perusahaan mengurangi laba bersih yang dilaporkan.
- Pergantian CEO (Chief Executive Officer), banyak motivasi yang timbul berkaitan dengan CEO, seperti CEO yang mendekati masa pensiun akan meningkatkan bonusnya, CEO yang kurang berhasil memperbaiki kinerjanya untuk menghindari pemecatannya, CEO baru untuk menunjukkan kesalahan dari CEO sebelumnya.
- Penawaran saham perdana (IPO), manajer perusahaan yang going public melakukan earning management untuk memperoleh harga yang lebih tinggi atas sahamnya dengan harapan mendapatkan respon pasar yang positif terhadap peramalan laba sebagai sinyal dari nilai perusahaan.
- Motivasi pasar modal, misalnya untuk mengungkapkan informasi privat yang dimiliki perusahaan kepada investor dan kreditor.
0 komentar:
Posting Komentar