Marketing Management (Manajemen Pemasaran)
Dengan semakin meningkatnya kebutuhan
dan keinginan manusia serta terbatasnya sumber daya yang tersedia, maka pemasar
dituntut untuk mengelola segala sesuatunya dengan efektif dan se-efisien
mungkin. Agar semuanya itu berjalan sesuai dengan rencana, maka kita memerlukan
suatu pengaturan pemasaran atau yang biasa kita sebut sebagai Marketing Management.
Menurut American Marketing
Association Phillip Kotler adalah “Marketing Management is the process of planning and executing the conception,
pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and services to create
exchange that satisfy individuals and organizations goals ".
Menurut ahli pemasar lain, Kotler
mengatakan bahwa, " Marketing Management as the art and
science of choosing target markets and getting, keeping, and growing customers
through creating, delivering, and communicating superior customer value”
Dalam usahanya untuk mencapai tujuan,
perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor, baik faktor internal maupun
faktor eksternal dari perusahaan. Hal ini perlu diperhatikan karena
faktor-faktor tersebut dapat menghambat atau mendukung usaha-usaha yang
dilakukan oleh perusahaan.
Banyak orang mengira bahwa pemasaran
hanya terbatas, pada memasarkan dan mengiklankan suatu produk. Hal ini tidak
sepenuhnya benar. Marketing atau pemasaran tidak terbatas pada menjual serta
mengiklankan barang atau jasa sehingga dapat dijual saja akan tetapi
sesungguhnya pemasaran lebih luas dan lebih kompleks.
Dari definisi di atas, kita melihat
bahwa ada beberapa aspek yang menjadi inti dari definisi tersebut. Salah
satunya menyebutkan tentang konsep perencanaan di bidang harga, promosi,
distribusi yang biasa tercakup di dalam Marketing Mix.
0 komentar:
Posting Komentar