Proses Manajemen
Proses Manajemen |
Proses Manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara
integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses
perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses
pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
Sesungguhnya keempat proses itu merupakan hasil ikhtisar dari pelbagai pendapat
praktisi dan ahli mengenai manajemen.
- Menurut Henri Fayol : "perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, koordinasi".
- Menurut Gulick dan Urwick: "Perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, koordinasi, pelaporan dan penganggaran".
- Menurut William M. Fox: "Perencanaan, pengorganisasian, pengendalian".
- Menurut Ernest Dale: "Perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, pengendalian, inovasi, representasi".
- Menurut Koontz dan O'Donnell: "perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, pengendalian".
Semua gagasan itu didasarkan pada
pra-anggapan yang menghendaki pembagian proses kerja para manajer menjadi
bagian-bagian yang dapat dilaksanakan. Proses Manajemen itu berulangkali
dinyatakan sebagai "langkah-langkah dasar manajemen", batu-batu
fondasi manajemen.
Proses perencanaan meliputi gagasan
bahwa manajemen mengantisipasi berbagai kondisi seperti peluang dan kendala di
masa depan, dan berusaha menetapkan lebih dulu apa yang harus mereka lakukan
dan apa yang akan mereka capai.
Proses pengorganisasian berarti
menempatkan orang dan prasarana serta sarana dan sumberdaya dalam suatu
tata-hubungan yang kondusif untuk bekerja sama menuju sasaran bersama.
Proses pelaksanaan meliputi pemberian
arahan, perintah kerja, dorongan dan motivasi kerja, serta pemecahan masalah.
Sementara itu
Proses pengendalian dilakukan dengan
pengamatan, mencermati laporan, dan melakukan inspeksi supaya pekerjaan di semua
bagian sesuai dengan persyaratan kualitas dan ketentuan rencana hasil, dan
sesuai dengan anggaran biaya.
Pekerjaan manajemen dalam
kenyataannya tidak sesederhana mengucapkan daftar kata "perencanaan",
"pengorganisasian", "pelaksanaan" dan
"pengendalian" seperti mantera. Tetapi keempat kata itu mewakili
rumpun kegiatan yang kompleks menurut bidang kegiatan lembaga yang dimanajemeni
sebagai kategorisasi pemikiran.
Proses Manajemen itu ditanamkan karena sederhana dan gampang dipahami pada para peserta
gugus-mutu, dalam rangka memanajameni pekerjaan mereka masing-masing.
0 komentar:
Posting Komentar